[ad_1]


Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti dan sumber resmi yang menyatakan Netanyahu saat ini tengah sekarat karena penyakit mematikan. Netanyahu hanya pernah operasi hernia pada Maret 2024 dan kondisinya saat ini sudah pulih.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/ZmpOx

=====

Narasi:
“#VIRALKAN

AZAB MENIMPA PM #IsraelTerrorism BENJAMIN NETANYAHU DINYATAKAN SEKARAT TERJANGKIT PENYAKIT MEMATIKAN

TERJANGKIT PENYAKIT MEMATIKAN PM ISRAEL TERRORIST DINYATAKAN BEGINI”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @21_mozza mengunggah video yang menjelaskan bahwa Benjamin Netanyahu saat ini tengah sekarat karena terjangkit penyakit mematikan. Di video itu disebutkan bahwa jenis penyakitnya belum diketahui, namun kondisi Netanyahu saat ini sudah sangat parah. Cuitan dan video yang diunggah pada 27 Agustus tersebut sudah disukai 361 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 200 kali, serta telah dilihat 9,400 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Tim pemeriksa fakta MAFINDO mencari dengan memasukkan kata kunci “Benjamin Netanyahu dying”, dan hasilnya banyak memberitakan mengenai operasi Hernia yang dilakukan Netanyahu pada Juni 2024. Salah satunya seperti yang diberitakan Times of Israel di artikelnya yang berjudul “Netanyahu has successful hernia surgery at Jerusalem hospital”.

Masih melansir dari artikel tersebut, memang disebutkan bahwa banyak pihak yang menuntut transparasi kondisi kesehatan Netanyahu, dan hingga saat ini masih belum diberikan. Namun, tidak ada laporan resmi dan bukti-bukti yang mengarah kepada kondisi Netanyahu yang sekarat atau terjangkit penyakit mematikan.

Hingga saat ini, Netanyahu masih muncul dalam beberapa wawancara dan pertemuan penting. Kabar terakhir Netanyahu, yang diberitakan oleh The Guardian menyebutkan Netanyahu meminta adanya pemberhentian sebagian operasi militer di Gaza supaya anak-anak kecil di daerah tersebut dapat divaksinasi polio.

Bukti lain bahwa Netanyahu saat ini tidak dalam kondisi sekarat adalah pada 20 Agustus, Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer, melakukan perbincangan dengan Netanyahu, dan telah diberitakan di press release resmi pemerintah UK.

Narasi mengenai Benjamin Netanyahu yang terbaring sakit karena penyakit mematikan juga beberapa kali telah dibahas oleh turnbackhoax.id, salah satunya di artikelnya yang berjudul “[SALAH] Foto Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Terbaring Sakit” dan “[SALAH] FOTO BENYAMIN NETANYAHU TERBARING DI ATAS TEMPAT TIDUR DAN MEMAKAI ALAT PERNAPASAN”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @21_mozza merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.timesofisrael.com/netanyahu-to-undergo-hernia-surgery-sunday-evening-in-jerusalem-his-office-says/

https://www.theguardian.com/world/article/2024/aug/29/netanyahu-gaza-polio-vaccination

https://www.gov.uk/government/news/pm-call-with-prime-minister-netanyahu-of-israel-20-august-2024

https://turnbackhoax.id/2024/04/30/salah-foto-perdana-menteri-israel-benjamin-netanyahu-terbaring-sakit/

https://turnbackhoax.id/2024/04/23/salah-foto-benyamin-netanyahu-terbaring-di-atas-tempat-tidur-dan-memakai-alat-pernapasan/

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply