[ad_1]


Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan informasi valid terkait jet pribadi Kaesang merupakan hasil korupsi Jokowi. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725257117.643399/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
BEBUNTUT PANJANG!! JET PRIBADI SANG PISANG HASIL K0RUPSII MULY0NO ? – BREAKING NEWS

BREAKING NEWS
TANGIS JOKOWI PECAH
KPK BUNGKAM ISI REKENING GENDUT GIBRAN DAN KAESANG

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Infotama News bernarasikan jet pribadi Kaesang merupakan hasil korupsi Jokowi serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bungkam isi rekening gendut milik Gibran dan Kaesang. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Gibran dan Kaesang sedang diperiksa kepolisian serta penyidik KPK dengan uang dalam koper. Video tersebut diunggah pada 31 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil manipulasi. Gambar yang menampilkan penyidik KPK dengan uang dalam koper tersebut mirip dengan gambar yang dimuat dalam artikel detik.com berjudul “Deretan Harta Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel yang Kena OTT KPK”.

Dalam video terdapat narasi yang membahas tentang Pakar Kebijakan Publik Achmad Nur Hidayat yang mengatakan Kaesang Pangarep harus menjelaskan asal usul jet pribadi yang dia pakai ke Amerika Serikat bersama istrinya itu harus menjadi terang di publik. Narasi tersebut bersumber dari artikel rmol.id yang berjudul “KPK Perlu Dalami Sumber Dana Jet Pribadi Kaesang Pangarep”.

Selanjutnya narator dalam video membacakan artikel lain dari rmol.id dengan judul “MK Larang Kaesang Maju Pilkada, Umur Kurang 4 Bulan”. Artikel ini membahas tentang Langkah Kaesang Pangarep berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 menemui jalan buntu akibat terhalang aturan syarat usia calon yang diubah Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu terdapat juga narasi yang membahas terkait keputusan Presiden Jokowi menaikkan tunjangan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Indonesia yang justru memicu kecurigaan publik. Bahwa ada niat terselubung di balik kenaikan tunjangan yang berkaitan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024. Narasi ini identik dengan artikel yang diunggah oleh rmol.id dengan judul “Jokowi Punya Niat Terselubung dengan Menaikkan Tunjangan KPU”.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim jet pribadi Kaesang merupakan hasil korupsi Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5474795/deretan-harta-nurdin-abdullah-gubernur-sulsel-yang-kena-ott-kpk

https://rmol.id/politik/read/2024/08/24/634074/kpk-perlu-dalami-sumber-dana-jet-pribadi-kaesang-pangarep

https://rmol.id/politik/read/2024/08/20/633442/mk-larang-kaesang-maju-pilkada-umur-kurang-4-bulan

https://rmol.id/politik/read/2024/08/20/633481/jokowi-punya-niat-terselubung-dengan-menaikkan-tunjangan-kpu

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply