[ad_1]


Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim melakukan blokir terhadap nomor wa tidak dikenal menyebabkan m-banking dibobol tidak benar. Tombol blokir itu sesungguhnya fitur dari WhatsApp yang memberikan kesempatan pada pengguna untuk menghindari pesan-pesan yang mencurigakan dari kontak-kontak bermasalah.

======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/F5BC-LYGG

======

[NARASI]: Informasi penting bagi pengguna WhatsApp

======

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim bahwa jika melakukan blokir terhadap nomor wa tidak dikenal dapat mengakibatkan bank pribadi terbobol melalui aplikasi m-banking di HP.

Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Dalam laporan tersebut, ditemukan bahwa pria dalam video adalah Pungky Kiswara, seorang polisi yang bertugas di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Nabire. Pungky telah mengunggah video klarifikasi di akun TikTok miliknya, di mana ia mengakui bahwa narasi yang disampaikannya dalam video yang telah tersebar luas itu salah. Ia juga meminta maaf kepada pihak-pihak yang dirugikan akibat penyebaran informasi yang keliru tersebut.

Pungky menjelaskan bahwa motivasinya membuat konten tersebut didasarkan pada sejumlah laporan dari warga yang menjadi korban kejahatan siber. Meskipun ia menyebarkan narasi tersebut, ia mengakui bahwa sebenarnya dirinya tidak memahami dengan baik isu terkait keamanan siber.

“Saya sama sekali tidak ada niat membuat isu hoaks atau menjatuhkan pihak tertentu. Saya pun tidak tahu pasti dan tidak paham, mengapa hal itu bisa terjadi terkait kasus keamanan siber,” ujar Pungky dalam pernyataan klarifikasinya.

WhatsApp sebenarnya menganjurkan para penggunanya untuk memblokir kontak-kontak yang dianggap bermasalah. Saat menerima pesan dari kontak yang tidak dikenal, WhatsApp akan memberikan informasi mengenai negara asal pengirim dan grup yang sama-sama diikuti. Menurut pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya, dilansir dari Kompas.com, tombol “Block” di aplikasi WhatsApp yang ditampilkan dalam video tersebut tidak memiliki kaitan dengan pembobolan rekening.

Alfons menjelaskan bahwa fungsi tombol tersebut adalah untuk memblokir kontak yang tidak dikenal. Pada tahun 2023, tampilan dalam video tersebut sesuai dengan versi beta WhatsApp yang menggunakan mode gelap.

“Tidak benar jika ada tombol yang dapat mencuri dana rekening hanya dengan satu klik saja,” kata Alfons.

======

[REFERENSI]: https://vt.tiktok.com/ZS2kmVjPX/

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/16/193000965/viral-unggahan-modus-penipuan-tombol-block-di-whatsapp-pakar–tak-bisa



[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply