[ad_1]


Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi Pilkada Jakarta tanpa Anies Baswedan, banyak warga Jakarta yang akan mencoblos semua calon. Video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan dan thumbnail yang dimanipulasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1725442725.21778/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
KECEWA BERAT !! PILKADA DKI TAK ADA ANIES, BANYAK WARGA JAKARTA AKAN NYUBLOS SEMOA KANDIDAT

BREAKING NEWS!!!!
TANPA ANIES PILKADA DKI HAMBAR
WARGA JAKARTA RAMAI2 AKAN MEMILIH COBLOS SEMOA CALON

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama DPRDOTCOM membagikan sebuah video yang menampilkan thumbnail arak-arakan kesenian khas Betawi bernarasikan karena Pilkada Jakarta tanpa Anies Baswedan, banyak warga Jakarta yang akan mencoblos semua calon. Video tersebut diunggah pada 28 Agustus 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi terkait klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Dalam video terdapat narasi yang membahas tentang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memutuskan untuk batal mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Narasi ini bersumber dari artikel viva.co.id berjudul “Ini Alasan PDIP Batal Usung Anies di Pilkada DKI Jakarta Menurut Pakar Politik”.

Thumbnail yang menampilkan arak-arakan kesenian khas Betawi tersebut merupakan momen ketika pasangan bakal calon Gubernur dan Wakli Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung-Rano Karno menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta yang diiringi kesenian khas Betawi pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Gambar aslinya dimuat dalam situs antaranews.com dengan judul “Pramono Anung – Rano Karno mendaftar ke KPU DKI Jakarta”.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Pilkada Jakarta tanpa Anies Baswedan, banyak warga Jakarta yang akan mencoblos semua calon tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.viva.co.id/berita/politik/1746676-ini-alasan-pdip-batal-usung-anies-di-pilkada-dki-jakarta-menurut-pakar-politik?page=all

https://www.antaranews.com/foto/4291411/pramono-anung-rano-karno-mendaftar-ke-kpu-dki-jakarta

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply