[ad_1]


Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Hingga saat ini, pembatasan penggunaan pertalite dengan aplikasi MyPertamina belum diberlakukan dan tidak ada dokumen atau pernyataan resmi dari pemerintah mengenai daftar motor yang dilarang mendapatkan pertalite.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/53lgq

Instagram
https://archive.ph/FVqri

=====

Narasi:
“Berikut daftar mobil dan motor yang dilarang isi BBM jenis Pertalite di SPBU mulai hari ini 2 September 2024.

Apakah kendaraan anda termasuk di dalam daftar tersebut?”.

(Narasi dilanjutkan di bawah referensi).

=====

Penjelasan:
Akun Facebook “Qiee Noeyy” mengunggah foto yang menunjukkan daftar motor yang dilarang isi BBM jenis pertalite di SPBU mulai 2 September 2024. Pengguna Facebook tersebut juga menambahkan bahwa kendaraan yang masuk di daftar itu akan ditolak langsung oleh petugas SPBU jika coba-coba mengisi pertalite. Informasi dan foto berisi daftar motor yang diunggah Qiee Noeyy disalin sepenuhnya dari postingan Instagram @halokrw. Tulisan dan foto yang diunggah di Facebook pada 3 September itu telah disukai 32 orang dan dibagikan ulang 9 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Melansir dari media Kompas di salah satu artikelnya yang berjudul “[HOAKS] Daftar Merek Motor yang Dilarang Gunakan Pertalite Awal September 2024”, hingga saat ini tidak ada kebijakan dari pemerintah yang melarang merek motor tertentu menggunakan Pertalite. Pernyataan ini diberikan oleh Heppy Wulansari, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga kepada tim Kompas.

Selain itu, CNN Indonesia di salah satu artikelnya juga menjelaskan bahwa pembatasan pertalite melalui aplikasi MyPertamina akan dimulai pada Oktober. Pernyataan ini disebutkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia, kepada tim CNN. Pernyataan beliau berbunyi sebagai berikut:

“Memang ada rencana begitu (1 Oktober), karena begitu aturannya keluar, Permennya keluar, kan itu ada waktu sosialisasi”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook  “Qiee Noeyy” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/03/192100282/-hoaks-daftar-merek-motor-yang-dilarang-gunakan-pertalite-awal

https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20240830110506-579-1139305/cara-daftar-qr-code-pertalite-jelang-pembatasan-1-oktober

=====

(Lanjutan narasi):
“Untuk diketahui, pemerintah menerapkan aturan terbaru yang melarang penggunaan BBM Pertalite untuk sejumlah kendaraan di SPBU seluruh Indonesia.

Kendaraan dengan daftar kendaraan yang terlarang telah diinformasikan dengan jelas yang mencoba mengisi Pertalite di SPBU Pertamina akan ditolak secara langsung oleh petugas.

Tujuan dari pembatasan dan larangan penggunaan Pertalite untuk motor dan mobil tertentu adalah untuk memastikan bahwa subsidi BBM dari pemerintah tepat sasaran.

@halokrw”.

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply