[ad_1]


Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan berita dengan judul demikian di situs CNBC. Judul berita merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element dari berita aslinya yang terbit di tanggal dan waktu yang sama, dengan judul “Siaga Ekonomi ASEAN, PM Singapura Beri Peringatan.” Selengkapnya di bagian penjelasan.

———————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI
PM Singapura Sebut: Negara Gila Agama, Negara Yang Tidak Akan Maju ContohNya Indonesia
Arsip: https://archive.md/6A4Zt

———————————————–
PENJELASAN:
Akun Facebook dengan nama Kasan mengunggah sebuah tangkapan layar berita di CNN dengan judul “PM Singapura Sebut: Negara Gila Agama, Negara Yang Tidak Akan Maju ContohNya Indonesia.”

Penelusuran fakta dilakukan dengan memanfaatkan fitur pencarian lanjutan di web CNBC. Pertama-tama di kolom search, masukkan kata kunci “PM Singapura”, kemudian atur tanggal berita dimuat sesuai yang tertera pada tangkapan layar yang beredar, yakni 19 Agustus 2024.

Dari pencarian tersebut, terdapat 2 berita yang memiliki thumbnail sama dengan tangkapan layar yang beredar, namun diterbitkan pada waktu yang berbeda.

Langkah selanjutnya, dari 2 berita tersebut, cocokkan berita yang terbit pada waktu yang sama dengan tangkapan layar yang beredar, yakni pukul 06.40. Hasilnya dari kedua temuan tersebut, sumber berita yang asli berjudul “Siaga Ekonomi ASEAN, PM Singapura Beri Peringatan. ”

Tangkapan layar judul berita CNBC “PM Singapura Sebut: Negara Gila Agama, Negara Yang Tidak Akan Maju ContohNya Indonesia” merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element, yakni dengan mengedit judul berita pada sebuah web tanpa mengubah tampilan aslinya. Sehingga ketika discreenshot, judul berita pada sebuah web tampak nyata.

Beberapa konten hasil suntingan menggunakan inspect element yang sebelumnya pernah beredar seperti artikel hasil periksa fakta turnbackhoax.id berjudul [SALAH] Tangkapan Layar Judul Berita Detik: Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga dan “[SALAH] Tangkapan Layar Berita Detik Jabar, Kemunculan hacker bjorka menanggapi kasus “Vina_Cirebon”.”

REFERENSI:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240819062701-4-564234/siaga-ekonomi-asean-pm-singapura-beri-peringatan
https://www.niagahoster.co.id/blog/inspect-element/
https://www.affde.com/id/inspect-element-tutorial.html
https://turnbackhoax.id/2024/05/27/salah-tangkapan-layar-judul-berita-detik-prabowo-subianto-siap-terjunkan-80-kopasus-untuk-penjagaan-kejagung-dan-keluarga/
https://turnbackhoax.id/2024/05/26/salah-tangkapan-layar-berita-detik-jabar-kemunculan-hacker-bjorka-menanggapi-kasus-vina_cirebon

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply