[ad_1]


Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ada bukti bahwa berhenti mengonsumsi gula serta minum jus lemon dan minyak kelapa dapat menghilangkan kanker lebih aman daripada kemoterapi. Selain belum terbukti khasiatnya untuk mengatasi kanker, lemak jenuh dalam minyak kelapa yang dikonsumsi secara berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/SY5Ze

Arsip cadangan: https://bit.ly/3ZhUD4p

= = =

Narasi:

“Kanker bukanlah penyakit yang berbahaya! Dr. Gupta mengatakan, “tidak ada yang boleh mati karena kanker kecuali karena kelalaian.” Ambil langkah-langkah berikut:

(1). Langkah pertama adalah berhenti mengonsumsi gula. Tanpa gula dalam tubuh Anda, sel-sel kanker mati secara alami.

(2). Langkah kedua adalah menambahkan jus lemon ke secangkir air hangat dan meminumnya di pagi hari sebelum makan selama 1-3 bulan dan kanker akan hilang. Menurut Maryland Medical Research, air lemon hangat 1000 kali lebih baik, lebih kuat, dan lebih aman daripada kemoterapi.

(3). Langkah ketiga adalah minum 3 sendok makan minyak kelapa organik di pagi dan malam hari, kanker akan hilang. Anda dapat memilih salah satu dari dua perawatan lainnya termasuk berpantang dari gula. Ketidak tahuan bukanlah alasan. Saya telah membagikan informasi ini selama lebih dari 5 tahun. Beri tahu semua orang di sekitar Anda, sekarat karena kanker adalah aib bagi siapa pun; Bagikan secara luas untuk menyelamatkan nyawa”

= = =

Penjelasan:

Beredar postingan TikTok yang terlihat juga telah beredar melalui pesan berantai WhatsApp dengan informasi yang mengklaim bahwa dengan berhenti konsumsi gula, rutin minum jus lemon hangat di pagi hari, serta minum 3 sendok makan minyak kelapa organik di pagi dan malam hari dapat menghilangkan kanker. Disebutkan juga bahwa kanker bukan penyakit yang berbahaya dan cara tersebut lebih aman daripada kemoterapi.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut merupakan hoaks lama yang sebelumnya telah dibantah kebenarannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id. Dalam laporannya disebutkan bahwa menurut Cancer Research UK, menghilangkan sel kanker tidak bisa dilakukan semudah dengan mengurangi konsumsi gula ataupun tidak mengonsumsinya. Langkah ini justru dapat berbahaya, karena sel-sel sehat dalam tubuh manusia juga memerlukan glukosa dari gula untuk bertahan hidup.

Mengutip AFP Cancer Council Australia, disebutkan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan antara konsumsi gula dan peningkatan risiko kanker jenis apa pun, karena gula bukanlah zat karsinogenik yang menyebabkan kanker. Ahli onkologi klinis, Dr. AJ Hilmy, juga menegaskan bahwa klaim bahwa air lemon panas dapat melawan kanker adalah mitos.

Penelusuran Pemeriksa Fakta Mafindo lainnya pada 2022 menyebut bahwa Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI), Dr Broto Sugeng Broto Kardono belum dapat memastikan khasiat minyak kelapa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

Selain itu, mengutip dari laporan di turnbackhoax.id sejak 2018 yang juga berdasarkan penelusuran oleh idntimes.com, beberapa ahli memaparkan bahwa penggunaan minyak kelapa yang berlebihan akan membahayakan tubuh, karena berdasarkan komposisi di dalamnya minyak kelapa mengandung 80% lemak jenuh di dalamnya.

Dengan demikian, klaim berhenti mengonsumsi gula serta rutin minum jus lemon dan minyak kelapa adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://news.cancerresearchuk.org/2023/08/16/sugar-and-cancer-what-you-need-to-know

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33EV9GV

= = =

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply