[ad_1]

(Siberkreasi, 17/06/2024) Bagi sebagian orang mungkin agak sedikit asing dengan istilah hoaks, apa itu hoaks? Secara sederhana, Hoaks adalah informasi atau berita yang tidak benar. Kalau merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) hoaks diartikan sebagai berita bohong.

Hoaks dapat berupa informasi yang sengaja dibuat-buat atau direkayasa dengan tujuan untuk menyembunyikan atau mengubah informasi yang sebenarnya. Dengan kata lain, hoaks merupakan usaha untuk memutarbalikkan fakta dengan menggunakan informasi yang terlihat meyakinkan, namun sebenarnya tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

Sampai sini, apakah kita sudah memahami apa itu hoaks? Intinya Hoaks adalah berupa berita palsu, baik dibuat secara sengaja ataupun misleading dari pembuat informasi.

Informasi hoaks merupakah informasi berbahaya, sehingga tak jarang banyak menyesatkan orang-orang yang menerima informasi tersebut. Alhasil, hoaks dapat memiliki dampak yang sangat merugikan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa hoaks sangat berbahaya:

Bahaya Hoaks yang Wajib Diketahui

1. Menimbulkan Kepanikan di Masyarakat

Bahaya pertama, hoaks dapat menyebabkan kepanikan dan ketidakpercayaan publik terhadap informasi yang sebenarnya. Misalnya, hoaks tentang wabah penyakit yang menyebar dengan cepat dapat memicu tindakan panik dan kebingungan di masyarakat. 

2. Sebagai Penyebar Propaganda

Hoaks sering digunakan sebagai alat untuk menyebarkan propaganda atau agenda tertentu. Pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu biasanya dengan sengaja menyebarkan informasi palsu untuk mempengaruhi opini publik atau menciptakan konflik antar kelompok atau ditengah masyarakat.

3. Bisa Merugikan Reputasi Seseorang

Selanjutnya, hoaks juga dapat merugikan reputasi seseorang atau kelompok. Dengan menyebarkan informasi palsu yang merusak reputasi seseorang atau institusi, hoaks dapat menyebabkan kerugian finansial, sosial, dan psikologis yang serius. Bahaya bukan?

4. Pembodohan dan Penipuan

Kemudian, salah satu bahaya dari hoaks adalah bahwa mereka dapat memperdaya orang-orang dan membuat mereka percaya pada sesuatu yang tidak benar. Hal ini dapat mengakibatkan individu menjadi korban penipuan atau pemerasan, seperti investasi palsu, penawaran kerja palsu, atau permintaan bantuan palsu.

5. Kesalahan dalam Pengambilan Keputusan

Terakhir, bahaya hoaks yaitu dapat mempengaruhi pengambilan keputusan individu dan kebijakan publik dengan menyebarkan informasi yang salah atau menyesatkan. Hal ini dapat berdampak pada keputusan yang tidak tepat dalam berbagai konteks, seperti kesehatan, politik, dan ekonomi.

Memahami apa itu hoaks dan beberapa dampak buruknya—tentu menjadi sebuah pembelajaran agar ketika kita menggunakan media digital secara online menjadi lebih waspada. Minimal dengan tidak menyebarkan informasi yang belum terverifikasi kebenarannya.

(literasi digital / syfr / siberkreasi)




[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply