[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim adanya kedatangan transmigran dari Pulau Jawa ke Provinsi Aceh adalah tidak benar. Artikel pada konten itu adalah berita lama yang dipublikasikan oleh Harian Rakyat Aceh pada 15 Desember 2021. Sementara, klaim Aceh adalah provinsi termiskin di Indonesia tidak sesuai dengan Profil Kemiskinan di Indonesia yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2023.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1718353481.289368/index.html  (arsip)

===========

[NARASI]: “Aceh itu daerah termeskin nomor 1 di Indonesia ini, tapi yg heran nya saya meski daerah termeskin no 1 di Indonesia daerah Aceh 

Banyak orang-orang dari luar Aceh yg suka ke Aceh Untuk mencari penghidupan yg layak,Di berbagai pelosok aceh melalui program transmigrasi, padahal di daerah-daerah mereka lebih maju dan daera yg terkaya no 1 di seluruh indonesia ini 

Padahal sebalik nya para penduduk daerah meskin lah yang seharusnya berdatangan ke daerah maju dan kaya, untuk mencari penghidupan layak di sana,” 

===========

[PENJELASAN]: 

Artikel disadur dari Kompas. 

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim adanya kedatangan transmigran dari Pulau Jawa ke Provinsi Aceh. Kemudian juga disebutkan bahwa Provinsi Aceh diklaim sebagai daerah termiskin di Indonesia sehingga program transmigrasi ini dipertanyakan. 

Narasi tersebut disertai tangkapan layar judul artikel “Besok, Gelombang Pertama Warga Transmigrasi Asal Pulau Jawa Tiba di Simeulue”

Faktanya, dilansir dari kompas.com, klaim bahwa adanya kedatangan transmigran dari Pulau Jawa ke Provinsi Aceh adalah tidak benar. Tangkapan layar artikel pada konten itu adalah berita lama yang dirilis oleh harianrakyataceh.com pada 15 Desember 2021. Gelombang pertama, rombongan transmigran mendarat di Bandara Lasikin, Kabupaten Simeulue pada 16 Desember 2021 dan gelombang kedua tiba pada 18 Desember 2021.

Sementara, klaim Provinsi Aceh adalah provinsi termiskin di Indonesia tidak sesuai dengan data profil kemiskinan di Indonesia yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2023. Menurut data BPS, provinsi dengan persentase penduduk miskin tertinggi adalah Papua, yakni mencapai 26,03 persen. Sedangkan, Aceh berada di peringkat keenam dengan persentase penduduk miskin mencapai 14,45 persen.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim adanya kedatangan transmigran dari Pulau Jawa ke Provinsi Aceh adalah tidak benar. Artikel pada konten itu adalah berita lama yang dipublikasikan oleh Harian Rakyat Aceh pada 15 Desember 2021. Sementara, klaim Aceh adalah provinsi termiskin di Indonesia tidak sesuai dengan Profil Kemiskinan di Indonesia yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2023.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/12/162000382/klarifikasi-berita-kedatangan-transmigran-pada-2021-aceh-bukan-daerah?page=all

https://harianrakyataceh.com/2021/12/15/besok-gelombang-pertama-warga-transmigrasi-asal-pulau-jawa-tiba-di-simeulue

https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/07/17/2016/profil-kemiskinan-di-indonesia-maret-2023.html

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply