[ad_1]


Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya, meski telah dilaporkan China telah memberikan bantuan kepada Palestina untuk meringankan krisis di Jalur Gaza, namun tidak disebutkan adanya pengiriman makanan melalui pesawat. Beberapa video yang ditampilkan dalam postingan tersebut tidak membuktikan China mengirim bantuan melalui udara. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://arsip.cekfakta.com/archive/1718952216.676846/index.html#original

= = =

Narasi:

“Di Blokir Israel Dari Segala Sudut,Ini Trik Jitu Presiden Cina xijiping Kirim Bantuan Makanan Untuk Warga Palestina Yang Kelaparan..!!! Tampak Pesawat milik militer cina terjenkan parasut berisi Ribuan makanan untuk warga Palestina di Raffa, viral saat Di bagikan akun @santikaya78 Selasa (10/06/2024). Hal tersebut terpaksa di lakukan Militer cina,lantaran jalan darat Untuk memberi bantuan Palestina di Larang masuk(blokir) Pihak Israel, Saat ribuan parasut itu turun Terlihat warga Palestina raffa Berduyung2 datang mengambil Bantuan makanan dari cina. Sontak saja rakyat palestina Sangat terbantu dengan Pertolongan dari Cina,dari Sembako yang di terjunkan Harapan mereka menyambung Hidup.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Snack Video membagikan video yang diklaim merupakan cara China memberikan bantuan makanan untuk warga Palestina melalui udara, disebutkan bahwa cara itu dilakukan lantaran akses jalan untuk pemberian bantuan makanan diblokade oleh Israel.

Setelah ditelusuri dengan Google Lens pada beberapa footage video dari postingan tersebut, klaim yang disematkan tidak benar. Hasil penelusuran ditemukan artikel dari factcrescendo.com yang menyebut bahwa tidak ditemukan sumber berita valid yang melaporkan adanya pengiriman makanan dari pemerintah China melalui udara. Pada laman resminya, Pemerintah China menyebut bahwa bantuan kemanusiaan dari China dikirimkan melalui Mesir.

Penelusuran gambar yang menunjukkan parasut berwarna pink ditemukan video yang telah diunggah oleh channel media asal Arab Saudi, Al Arabiya dengan judul “Tentara Yordania meluncurkan bantuan pangan baru melalui udara di Jalur Gaza utara”. Sehingga dapat dipastikan pengiriman bantuan dengan parasut berwarna pink tersebut bukan berasal dari China.

Kemudian penelusuran pada footage video lainnya yang menunjukkan parasut mendarat dan beberapa warga berlarian menghampiri, ditemukan postingan YouTube dari channel Perspektif Post yang menyebut bahwa sumber video bantuan internasional yang dikirimkan melalui udara itu berasal dari Instagram @boosnier. Namun, @boosnier tidak menyebutkan bahwa video tersebut berasal dari China.

Dengan demikian, video China memberikan bantuan melalui udara kepada warga Palestina adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://srilanka.factcrescendo.com/english/the-video-alleges-china-air-dropped-food-to-palestinians-is-misleading

https://www.instagram.com/reel/C63z4mvNgrS

https://english.www.gov.cn/news/202403/21/content_WS65fb793fc6d0868f4e8e54c8.html

= = =



[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply