[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha

Foto dengan klaim para pekerja piramida di Mesir selama masa pembangunan pada tahun 2549 SM adalah salah. Faktanya foto tersebut teridentifikasi bukanlah foto asli. Namun AI generated atau hasil olahan kecerdasan buatan.

=========== 

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

=========== 

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/9bZbi (arsip) 

=========== 

[NARASI]: 

Foto para pekerja piramida di Mesir, foto

diambil selama konstruksi pada 2549 SM.

Ini bukti bahwa itu bukan alien.

=========== 

[PENJELASAN]: 

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang diklaim sebagai pekerja Mesir tengah membangun piramida. Unggahan tersebut disertai dengan keterangan “foto para pekerja piramida di Mesir, foto diambil selama konstruksi pada 2549 SM. Ini bukti bahwa itu bukan alien”.

Dilansir dari Tempo.com, gambar para pekerja yang ditampilkan teridentifikasi sebagai gambar yang tidak asli alias hasil olahan AI. Team cek fakta Tempo menggunakan alat pendeteksi AI, AI or Not dan Fake Image Detector. Keduanya mengidentifikasi gambar tersebut sebagai gambar buatan komputer atau telah dimodifikasi.

Selain itu, klaim bahwa foto-foto yang viral tersebut berasal dari tahun 2600 SM bertentangan dengan fakta sejarah. Organisasi cek fakta Amerika Serikat, Politifact, menjelaskan klaim konten tersebut tidak masuk akal karena 2549 SM adalah 4.573 tahun yang lalu dan teknologi fotografi baru berkembang sekitar 200 tahun yang lalu. 

Teknik fotografi sendiri baru diciptakan pada abad ke-19. Penemu Perancis Joseph Nicephore Niepce mulai bereksperimen dengan pembuatan foto pada tahun 1816, dan foto paling awal yang diketahui diambil pada tahun 1827 (196 tahun yang lalu). Foto itu dipajang di museum di Universitas Texas di Austin. 

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika Foto dengan klaim para pekerja piramida di Mesir selama masa pembangunan pada tahun 2549 SM adalah salah. Faktanya foto tersebut teridentifikasi bukanlah foto asli. Namun AI generated atau hasil olahan kecerdasan buatan.

=========== 

 [REFERENSI] : 

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2950/keliru-foto-para-pekerja-mesir-membangun-piramida-tahun-2549-sm

https://www-politifact-com.translate.goog/factchecks/2024/jun/18/facebook-posts/no-this-image-doesnt-show-the-egyptian-pyramids-be/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wapp

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply