[ad_1]

Akun palsu. Di akun Facebook resmi dan situs resmi milik BRI, tidak ditemukan informasi terkait pengundian hadian seperti yang disebarkan sumber klaim.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Akun Facebook “Info Fstvl” (fb.com/61561069299577) pada 21 Juni 2024 mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“*yuk buruan dapatkan kupon undian anda caranya klik DAFTAR di bawah ini*
*hai sobat BRI, selamat kamu beruntung jangan lewatkan kesempatan memenangkan hadiah utama & berbagai hadiah menarik lainnya berikut ini*
*GRAND PRIZE*
1: 1 *unit mobil tesla*
*hadiah lain nya*
2: 1 *unit honda HR-V*
3: 5 *porsi umbroh garitis*
4: 5 *unit kijang innova reborn*
5: 15 *motor yamaha nmax*
6: 20 *ihpone 15 pro max*
7: 1000 *emas 10gram*
8: 5 *tiket wisata ke jepang* #BRImo #BRImopoin #BRImoMudahSerbaBisa

Sumber: https://arsip.cekfakta.com/archive/1719420076.609231/index.html (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Dari hasil penelusuran, adanya akun Facebook “Info Fstvl” yang membagikan informasi mengenai pengumuman pengundian hadiah Simpedes tahun 2024 merupakan konten tiruan.

Faktanya, akun tersebut merupakan akun palsu. Di akun Facebook resmi dan situs resmi milik BRI, tidak ditemukan informasi terkait pengundian hadian seperti yang disebarkan sumber klaim.

Dikutip dari situs resmi Bank Rakyat Indonesia, bri.co.id, meminta masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan melalui akun palsu yang mengatasnamakan Bank BRI.

“Sobat BRI, zaman sekarang banyak banget loh penipuan melalui akun palsu yang mengatasnamakan Bank BRI dimana Pelaku membuat berbagai macam akun yang menyerupai akun bank BRI, mulai dari akun Chatting Apps (WhatsApp, Telegram, Line), hingga media sosial (IG,FBTwitter). Tujuannya untuk memanfaatkan kelengahan nasabah dalam menjalankan aksi kejahatan dengan modus akun palsu,” begitu bunyi keterangan dalam laman resmi BRI, Rabu (12/1/2022).

Akun Facebook resmi milik BRI adalah facebook.com/BRIofficialpage.

BRI juga meminta masyarakat segera melaporkan apabila menemukan akun palsu. Karena dengan melaporkan akun tersebut, kamu bisa menjadi pahlawan buat diri kamu dan orang lain. Jadi tunggu apa lagi, segera hubungi Contact BRI di 14017/1500017 atau mengirim email ke callbri@bri.co.id

REFERENSI
https://www.bri.co.id/en/web/guest/waspada-modus-detail?title=kenali-lebih-dekat-akun-resmi-bri
https://turnbackhoax.id/2024/06/24/penipuan-gebyar-undian-brimo-festival-2/
https://turnbackhoax.id/2024/05/31/penipuan-gebyar-undian-brimo-festival/

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply