[ad_1]

Kwarcab Karanganyar Gelar Workshop Gudep Mantap

Bidang Pembinaan Satuan Kwarcab Karanganyar menggelar Workshop Gugus Depan Mantap Tahun 2024 pada Kamis (27/6) di Aula Merpati Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar. Acara dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar, Kurniadi Maulato dan dihadiri seluruh pimpinan Kwarcab, Andalan Bina Satuan, dan narasumber.

Dalam sambutannya, Kurniadi, menyampaikan bahwa manajemen dan kualitas pembina dan gugus depan perlu ditingkatkan.

“Gugus depan sebagai garda terdepan dalam pembinaan peserta didik, untuk itu saya mohon manajemen dan kualitas dari masing masing pembina dan gudep terus ditingkatkan,” paparnya.

Waka Pembinaan Satuan, Ponco Susilo, yang juga salah satu narasumber workshop mengungkapkan acara tersebut diikuti 17 Kwarran dan tiap-tiap Kwarran mengutus empat peserta yang terdiri dari Ketua Kwarran, pembina SD, pembina SMP, dan pembina SMA/SMK dengan total 68 peserta.

Workshop tersebut merupakan bagian dari program kerja Kwarcab Karanganyar tahun 2024 yang bertujuan memberikan pelatihan kepada pengurus gugus depan se-Kabupaten Karanganyar dan memberikan wadah untuk mengembangkan gugus depan menjadi gugus depan mantap dengan keunggulan yang dimilikinya.

Menurut Ponco, workshop Gugus Depan Mantap dikemas dalam bentuk ceramah, simulasi dan praktek lapangan dan dilanjutkan dengan tugas rencana tindak lanjut oleh seluruh peserta workshop.

“Diharapkan peserta bisa memahami bagaimana mengelola gugus depan agar menjadi gugus depan mantap. Kemudian pembina yang mengikuti kegiatan ini memahami fundamental kepramukaan dan memahami peran sebagai pembina satuan serta pembina gugus depan yang diharapkan bisa mendesiminasikan kepada pembina lain di lingkungannya sehingga tiga bulan ke depan terjaring gugus depan-gugus depan mantap melalui lomba Gugus Depan Mantap,” pungkas Ponco.

Pewarta : Masgim

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply