[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim mengenai Prof. Nila Moeloek mempromosikan obat nyeri sendi adalah hasil manipulasi dengan AI sehingga suara Prof. Nila Moeloek terdengar cukup mirip dengan suara aslinya.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/zijCd  (arsip)

===========

[NARASI]:
“Luangkan waktu 1 menit demi Allah, obat ini akan menyelamatkan Anda bahkan pada tahap yang sangat terlambat dari radang sendi dan penyakit sendi lainnya.”

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan di Facebook membagikan video bahwa eks Menteri Kesehatan, Prof. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek mempromosikan obat nyeri sendi. Video berdurasi dua menit tersebut berisikan tentang testimoni eks Menteri Kesehatan, Prof. Nila terhadap sebuah produk obat nyeri sendi.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut identik dengan unggahan di kanal  Youtube RSAW Channel yang berjudul “Pesan dari Prof Nila, Jaga Kesehatan Mata agar Kita Tetap Produktif”. Dalam video tersebut Prof. Nila menyampaikan tentang pelayanan di rumah sakit serta mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan kesehatan mata. Dalam video tersebut tidak ditemukan pernyataan Nila mengenai promosi obat nyeri sendi.

Malui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan klaim mengenai eks Menteri Kesehatan, Prof. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek mempromosikan obat nyeri sendi adalah hasil manipulasi dengan AI sehingga suara Prof. Nila terdengar cukup mirip dengan suara aslinya.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=DVcEB0ywgc8https://turnbackhoax.id/2024/05/20/salah-mantan-menkes-siti-fadilah-supari-promosikan-obat-nyeri-sendi/

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply