[ad_1]


Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya dalam video tidak ditemukan informasi yang valid terkait terkuaknya bukti KPU hobi foya-foya dan makan uang negara. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, beberapa cuplikan yang ditampikan juga tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1720944124.00192/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
TELAK UNTUK JOKOWI ?, KPU BERULAH LAGI

BREAKING NEWS
KALAU KORBANNYA ANAK ANDA?
TERKUAK BUKTI KPU HOBI FOYA” & MAKAN UANG NEGARA

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube PILIHAN RAKYAT bernarasikan terkuak bukti KPU hobi foya-foya dan makan uang negara.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari kompas.com berjudul “Dapat Info KPU Mau Kunker ke Eropa, Pimpinan Komisi II: Ada Apa? PPLN Sudah Bubar”.

Artikel tersebut membahas tentang Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mempertanyakan rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar kunjungan kerja ke beberapa negara Eropa karena penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah selesai.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube PILIHAN RAKYAT tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/07/09/20534731/dapat-info-kpu-mau-kunker-ke-eropa-pimpinan-komisi-ii-ada-apa-ppln-sudah?lgn_method=google&google_btn=onetap

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply