[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tepung sagu dapat mengatasi penyakit asam lambung.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/hATKK (arsip)

===========

[NARASI]: “Jangan panik jika asam lambung naik simak vidionya ini”

===========

[PENJELASAN]:
Sebuah akun di media sosial Facebook bernama “Bunda Kabari” mengklaim tepung sagu dapat mengatasi penyakit asam lambung. Video tersebut memperlihatkan langkah-langkah membuat ramuan tepung sagu untuk lambung.

Dilansir dari Alodokter, Dokter Tirtawati Wijaya, SE, menyampaikan kalau penggunaan tepung sagu untuk mengatasi penyakit asam lambung belum diteliti secara luas dalam skala besar. Pasalnya, klaim manfaat tepung sagu dalam mengatasi penyakit asam lambung hanya berdasarkan testimoni anekdotal, sehingga belum dapat disarankan sebagai terapi untuk mengatasi GERD.

Lebih lanjut, dr. Tirta menyarankan beberapa hal yang sudah terbukti efektif mengatasi penyakit asam lambung, dibanding tepung sagu. Di antaranya yakni makan dalam porsi lebih kecil dengan frekuensi lebih sering, menghindari asap rokok baik sebagai perokok aktif dan pasif, dan tidak mengenakan pakaian yang ketat di area lambung dan perut.

Berdasarkan dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim tepung sagu dapat mengatasi penyakit asam lambung adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bagaimana-cara-mengolah-tepung-sagu-untuk-pengobatan-asam-lambung-

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply