[ad_1]


Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video pada postingan akun twitter Narasi bukan merupakan video saat perayaan kemenangan pemilu Prancis, melainkan demonstrasi yang terjadi pada tanggal 1 Juni 2024. 

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/CqgZZ

=====    

Narasi   
Perayaan Kemenangan Pemilu Prancis

Tidak terlihat satupun bendera Prancis :flag-cp:.

=====   

Penjelasan:   
Akun twitter Narasi telah mengunggah postingan mengenai kemenangan pemilu Prancis yang tidak ada satupun bendera Prancis dikibarkan, melainkan banyaknya bendera Palestina. 

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan google search image ditemukan artikel yang memiliki foto identik dengan rekaman video tersebut. Artikel tersebut mengarah ke sebuah artikel dari media Prancis, Le Progrès. Mereka menerbitkan sebuah artikel yang melaporkan demonstrasi pro-Palestina. Artikel tersebut juga diterbitkan pada tanggal 1 Juni 2024, yaitu sebulan sebelum pemilu terjadi di Prancis. Sedangkan untuk pemilu Prancis sendiri terjadi pada tanggal 30 Juni – 7 Juli 2024. 

Pencarian selanjutnya menggunakan google search image juga mengarah pada postingan twitter oleh akun Quds News Network yang diunggah pada tanggal 1 Juni 2024 yang narasi : 
[Diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia]
“Perancis menyaksikan gelombang demonstrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Palestina, dengan kota-kota di seluruh negeri dari Paris hingga Marseille, Strasbourg hingga Lille, Montpellier hingga Rouen, Rennes turun ke jalan sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina dan mengutuk genosida Israel yang sedang berlangsung.”

Sehingga, video pada postingan akun twitter Narasi bukan merupakan video saat perayaan kemenangan pemilu Prancis, melainkan demonstrasi yang terjadi pada tanggal 1 Juni 2024. 

=====     

Referensi:      
https://www.leprogres.fr/societe/2024/06/01/il-s-est-passe-quelque-chose-depuis-le-bombardement-de-rafah-des-milliers-de-personnes-ont-manifeste-en-soutien-a-la-palestine
https://x.com/QudsNen/status/1796924249354977573

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply