[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim mengenai bekas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara RI (Kadiv Propam Polri) Ferdy Sambo mempromosikan obat nyeri sendi adalah hasil manipulasi dengan AI sehingga suara Sambo terdengar mirip dengan suara aslinya.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Facebook https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/07/sambonyeri-sendi.png (arsip)

===========

[NARASI]:
“Saya tidak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan dengan efek samping yang mengerikan belum lagi operasi mahal yang tidak berhasil. Obat rumahan ini yang terbuat dari tanaman kuno Indonesia yang dimiliki semua orang di rumah adalah keajaiban nyata yang saya cari jika anda juga menderita nyeri sendi kronis jangan buang waktu lagi, klik tombol untuk melihat artikel singkat di bawah ini dan temukan harta karun alami yang dapat mengubah hidup anda.”

[PENJELASAN]:
Sebuah akun di media sosial Facebook membagikan video yang menampilkan bekas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara RI (Kadiv Propam Polri) Ferdy Sambo sedang mempromosikan obat nyeri sendi. Dalam video tersebut Sambo mengatakan bahwa nyeri sendi yang dialaminya sembuh setelah menemukan obat yang terbuat dari bahan alami.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut identik dengan unggahan di kanal  Youtube VIVA.CO.ID pada 2021 yang berjudul “Kerasnya Irjen Sambo Ancam Polisi Bengal: Kita Hajar!! || THE INTERVIEW”. Dalam video tersebut tidak ditemukan pernyataan Ferdy Sambo mengalami nyeri sendi dan mempromosikan obat nyeri sendi.

Malui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan klaim mengenai Ferdy Sambo mempromosikan obat nyeri sendi adalah hasil manipulasi dengan AI sehingga suara Sambo terdengar mirip dengan suara aslinya.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=3PDZS9OgrHE&t=102s
https://turnbackhoax.id/2024/06/18/penipuan-karni-ilyas-promosikan-obat-nyeri-sendi/
https://turnbackhoax.id/2024/07/09/penipuan-nila-moeloek-eks-menteri-kesehatan-promosikan-obat-nyeri-sendi/

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply