[ad_1]


Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, nama asli dari band tersebut adalah Malu2x Band. Video yang mana petugas keamanan diduga menyeret band ini keluar dari panggung, ternyata merupakan bagian dari stage act yang sengaja dibuat oleh band tersebut.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/2GvgZ

=====
[NARASI]:

“anti KRITIK KONSER DISTOP PAKSA !?
Lirik Terlalu keras Kritik Pemerintah Band asap distop paksa Pria Berbadan Tegap !!?”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan video beredar melalui media sosial Facebook. Akun bernama Ardhi Ardhaz, mengunggah sebuah video band yang terlihat tengah diamankan oleh petugas keamanan yang diklaim merupakan bagian dari pemerintahan Jokowi. Band yang disebut bernama Band Asap, diklaim telah distop oleh pemerintah karena menyanyikan lagu dengan lirik yang terlalu keras mengkritik pemerintah. Lalu apakah benar, video yang diklaim bahwa Band Asap telah distop atau dihalangi oleh pemerintah karena bernyanyi dengan lirik yang terlalu keras mengkritik pemerintah?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hal tersebut, ditemukan beberapa fakta yang menunjukkan bahwa klaim tersebut keliru. Melansir dari artikel cek fakta milik Liputan6.com, ditemukan artikel yang mengulas mengenai video yang serupa. Diketahui, nama asli dari band yang ada di dalam video tersebut adalah Malu2x Band yang berasal dari Solo, serta memiliki akun Instagram resmi @malu2xband.

Ternyata, di dalam unggahannya pada 4 November 2023, ditemukan video yang mirip dengan video yang diunggah oleh akun Facebook Ardhi Ardhaz ini. Di dalam keterangannya, @malu2xband menyampaikan bahwa diduga pihak keamanan yang menyeret mereka keluar dari panggung, merupakan bagian dari aksi panggung mereka.

“…Kejadian tersebut murni stage act dari kami yg menyuguhkan video berisi aspirasi dan apresiasi warga karanganyar terhadap pemkab, terutama kepada Bapak @juliyatmono.1 yang telah menyelesaikan tugas dengan sangat baik dan amanah sebagai Bupati Kabupaten Karanganyar selama 10 tahun (2 periode) iniSehat selalu bapak!!!”, tulis band ini dalam unggahannya.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Band Asap distop paksa oleh pemerintah karena menyanyikan lagu dengan lirik yang terlalu keras, merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://www.instagram.com/reel/CzN6EGkJdIJ/?igsh=dzdtdGRmbTUzbHZx

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5495507/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-pembubaran-paksa-pertunjukan-band-di-solo-karena-terlalu-kritis

=====

https://www.facebook.com/reel/997697598811250/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v



[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply