[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan kecepatan internet di kantor NASA mencapai 91 Gbps adalah tidak benar. Faktanya kecepatan 91 Gbps dicapai saat uji coba koneksi khusus untuk mengembangkan layanan teknologi dan sains di bawah Program Komputer Canggih GSFC dan belum digunakan secara umum, termasuk di kantor NASA.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/paJux (arsip)

===========

[NARASI]: “Korea Selatan tercatat memiliki koneksi internet hingga 25,3 Mbps. Namun ternyata, internet di kantor NASA lebih cepat lagi, yaitu dengan kecepatan 91 Gbps, kamu bisa mendownload 90 film hanya dalam sedetik.”

===========

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim kecepatan internet di kantor Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA diklaim mencapai 91 Gbps.

Namun, klaim tersebut tidak benar, kecepatan tersebut dicapai saat uji coba koneksi khusus antara SC13 di Denver dan fasilitas NASA Goddard di Maryland pada 2013. Eksperimen tersebut menggunakan ESnet, yang memungkinkan transfer file dari situs ke situs lain hingga 100 gigabit per detik, untuk dua situs yang terhubung melalui ESnet.

Uji coba tersebut dilakukan untuk mengembangkan layanan teknologi dan sains di bawah Program Komputasi Canggih GSFC. Meskipun demikian, kecepatan internet mencapai 91 Gbps tersebut baru sebatas uji coba dan belum digunakan secara umum, termasuk di kantor NASA.

Dilansir dari Wired, NASA tidak akan membawa kecepatan ini kerumah-rumah, namun menggunakan teknologi jaringan super cepat ini untuk mengeksplorasi gelombang aplikasi komputasi berikutnya.

Menurut data World Population Review, AS menempati posisi pertama sebagai negara yang memiliki kecepatan internet seluler tertinggi yaitu mencapai 269,41 Mbps. Belum ada negara di dunia yang memiliki kecepatan internet mencapai 91 Gbps.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan kecepatan internet di kantor NASA mencapai 91 Gbps adalah tidak benar. Faktanya kecepatan 91 Gbps dicapai saat uji coba koneksi khusus untuk mengembangkan layanan teknologi dan sains di bawah Program Komputer Canggih GSFC dan belum digunakan secara umum, termasuk di kantor NASA.

===========

 [REFERENSI] :

https://science.gsfc.nasa.gov/606.1/HECN-highlights/SC13-report.pdf

https://www.wired.com/2014/06/esnet/

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/internet-speeds-by-country

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply