[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim mengenai daun mengkudu dapat menyembuhkan darah tinggi secara permanen adalah belum terbukti. Penelitian yang mengindikasikan bahwa mengkudu  memiliki potensi menurunkan tekanan darah belum sampai tahap uji klinis.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/sKGBS (arsip)

===========

[NARASI]: 

“Tips menyembuhkan Darah tinggi permanen #reels #viralkan #hipertensi #daunmengkudu”

===========

[PENJELASAN]: 

Artikel dilansir dari Tempo.

Beredar video di media sosial Facebook mengenai obat herbal daun mengkudu dapat mencegah dan menormalkan darah secara permanen. Narator juga menjelaskan caranya dengan merebus dua lembar daun mengkudu yang sudah tua. Rebus dengan air satu gelas sampai mendidih lalu minum air rebusan itu secara rutin satu kali sehari. Lakukan tiga sampai lima hari.

Dilansir dari Tempo, Menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, dr. Mas Rizky Anggun Adipurna Syamsunarno, beberapa penelitian mengindikasikan bahwa mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki potensi menurunkan tekanan darah. Namun, penelitian dilakukan terbatas pada hewan dan belum diaplikasikan pada uji klinis.

Ahli dari Medical News Today memberikan sejumlah tips untuk menurunkan tekanan darah secara alami diantaranya yakni dengan berolahraga atau jalan kaki secara teratur, mengurangi asupan natrium, mengurangi alkohol, mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kalium, mengelola stress, mengurangi berat badan, dan berhenti merokok.

Malui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan klaim mengenai daun mengkudu dapat menyembuhkan darah tinggi secara permanen adalah belum terbukti. Penelitian yang mengindikasikan bahwa mengkudu  memiliki potensi menurunkan tekanan darah belum sampai tahap uji klinis.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3034/belum-ada-bukti-klaim-mengkudu-menyembuhkan-darah-tinggi-secara-permanen

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318716

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply