[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim bahwa menekan bagian bawah hidung dapat menyadarkan dan menyelamatkan seseorang yang pingsan karena serangan stroke adalah salah.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/RDYPF (arsip)

===========

[NARASI]:
“Tekan dibawah hidung membuat penderita akan segera sadar kembali.
Buat tambahan pengetahuan Semoga bermanfaat.
INGAT YA KASI TAU KELUARGA & SEMUA KENALAN…
SEMOGA MENOLONG BANYAK ORANG YG MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN PERTAMA
#fyp

===========

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah konten yang diklaim sebagai cara pertolongan pertama mengatasi serangan stroke dengan menekan bagian bawah hidung penderita. Konten tersebut berisi video yang memperlihatkan seorang penumpang kereta pingsan dan segera disadarkan penumpang lainnya dengan menekan bagian bawah hidungnya.

Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa menekan bagian bawah hidung merupakan pertolongan pertama bagi orang yang kehilangan kesadaran adalah tidak benar.  Melalui akun twitternya, dr. Asa Ibrahim Sp.OT. mengatakan bahwa tindakan menekan atau menampar orang yang kehilangan kesadaran tidak akan memperbaiki kondisi yang dialaminya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa langkah yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama adalah dengan cara membaringkan di lantai, beri ruang, dan tidak dikerubungi. Selanjutnya bisa lakukan cek nadi leher. Jika tidak ada denyut nadi, mulai kompresi dada dan jika ada denyut nadi, lanjut cek napas.

Dikutip dari situs resmi Universitas Gadjah Mada, Dr. dr. Ismail Setyopranoto Sp.S(K), dari Departemen Neurologi, FK-KMK UGM, menjelaskan ada dua macam faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terkena stroke, yaitu faktor risiko yang dapat dikendalikan dan yang tak dapat dikendalikan.

Faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan antara lain umur, jenis kelamin tertentu, keturunan, dan orang yang pernah terkena stroke. Faktor risiko yang bisa dikendalikan antara lain diabetes, obesitas, hipertensi, kurang aktivitas dan olahraga, merokok, alkohol, dsb.

Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan klaim bahwa menekan bagian bawah hidung dapat menyadarkan dan menyelamatkan seseorang yang pingsan karena serangan stroke adalah salah.

===========

 [REFERENSI] :

https://x.com/asaibrahim/status/1720811416469602493?s=20

https://ugm.ac.id/id/berita/22272-mengenal-stroke-dan-pencegahannya/
https://turnbackhoax.id/2023/11/07/salah-menekan-bagian-tengah-bawah-hidung-untuk-pertolongan-pertama-pada-orang-yang-hilang-kesadaran/

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply