[ad_1]


Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya tangkapan layar berita tersebut merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element. Berita aslinya di web Liputan6.com berjudul “Presiden Abbas Tolak Ide Abu Dis Jadi Ibu Kota Palestina” yang terbit pada 15 Januari 2018. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————————–
KATEGORI: KONTEN DIMANIPULASI
————————————————–
NARASI:
Presiden Palestina Sebut : Indonesia lebih Banyak Bantu Hamas Bukan Bantu Warga Palestina
SUMBER ARSIP: https://archive.md/CTeWO

————————————————–
PENJELASAN:
Akun tiktok dengan nama @john_raphael777 mengunggah sebuah konten berisi tangkapan layar berita dari laman web liputan6.com berjudul “Presiden Palestina Sebut : Indonesia lebih Banyak Bantu Hamas Bukan Bantu Warga Palestina.”

Setelah dilakukan penelusuran fakta menggunakan alat Google Lens, yakni dengan memindai foto pada tangkapan layar, ditemukan berita aslinya di laman web liputan6.com dengan judul “Presiden Abbas Tolak Ide Abu Dis Jadi Ibu Kota Palestina” yang terbit pada 15 Januari 2018.

Konten ini merupakan hasil suntingan menggunakan inspect element, yakni dengan mengedit judul berita pada sebuah web tanpa mengubah tampilan aslinya. Sehingga ketika discreenshot, judul berita pada sebuah web tampak nyata. Garis bawah bergelombang berwarna merah pada bagian nama penulis dan editor merupakan tanda bahwa halaman tersebut sedang diedit.

Beberapa konten hasil suntingan menggunakan inspect element yang sebelumnya pernah beredar seperti artikel hasil periksa fakta turnbackhoax.id berjudul [SALAH] Tangkapan Layar Judul Berita Detik: Prabowo Subianto siap terjunkan 80 Kopasus untuk penjagaan Kejagung Dan keluarga dan “[SALAH] Tangkapan Layar Berita Detik Jabar, Kemunculan hacker bjorka menanggapi kasus “Vina_Cirebon”.”
————————————————–
REFERENSI:

https://www.liputan6.com/global/read/3227175/presiden-abbas-tolak-ide-abu-dis-jadi-ibu-kota-palestina
https://turnbackhoax.id/2024/05/27/salah-tangkapan-layar-judul-berita-detik-prabowo-subianto-siap-terjunkan-80-kopasus-untuk-penjagaan-kejagung-dan-keluarga/
https://turnbackhoax.id/2024/05/26/salah-tangkapan-layar-berita-detik-jabar-kemunculan-hacker-bjorka-menanggapi-kasus-vina_cirebon/

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply