[ad_1]

Semarang  — Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63, Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah menggelar acara Pencanangan Bulan Bakti Pramuka yang diadakan serentak di seluruh wilayah Jawa Tengah. Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat semangat kepedulian dan pengabdian Pramuka terhadap masyarakat dan lingkungan.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarda Jawa Tengah menekankan pentingnya peran Pramuka dalam meringankan beban penderitaan masyarakat, terutama bagi mereka yang terdampak bencana alam seperti banjir dan longsor.

“Upaya nyata ini tidak hanya membantu mereka yang tertimpa musibah, tetapi juga mengembangkan potensi Pramuka, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat,” ujar Kak Budi Prayitno

Lebih lanjut, Ketua Kwarda menegaskan bahwa prinsip Pramuka Peduli yang mencakup mendidik, mudah, manfaat, murah, massal, mitra kerja, dan media massa harus terus dioptimalkan. Untuk itu, beliau mengajak seluruh anggota Pramuka di Jawa Tengah dan Indonesia untuk bergerak bersama dalam melakukan bakti lingkungan. “Mari kita manfaatkan momentum 9 Agustus 2024 ini untuk mendorong seluruh anggota Pramuka melakukan bakti lingkungan, antara lain kepada sungai, pantai, dan berbagai fasilitas umum seperti gereja, masjid, pura, dan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Kwarda juga memberikan instruksi kepada Wakil Ketua Humas Kominfo dan Pusdatin serta seluruh jajaran bidang kehumasan di Kwartir Cabang se-Jawa Tengah untuk mendorong Pramuka dalam melakukan peliputan kegiatan ini.

“Selaras dengan konsep ‘Setiap Pramuka adalahPewarta’, saya minta agar seluruh Pramuka dapat melakukan peliputan secara aktif. Insya Allah, akan ada penghargaan bagi mereka yang peduli dan berprestasi,” tegasnya.

Untuk mendukung hal ini, aplikasi yang telah disampaikan oleh kwartir secara berjenjang diharapkan dapat dimaksimalkan oleh seluruh anggota Pramuka. Humas, Kominfo, dan Pusdatinfo akan menindaklanjuti setiap kegiatan yang dilakukan secara nyata, guna memastikan setiap bentuk pengabdian Pramuka terdokumentasi dengan baik dan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas.

Dengan semangat Hari Pramuka ke-63, diharapkan kegiatan ini dapat semakin mempererat rasa kebersamaan dan kepedulian Pramuka terhadap lingkungan dan masyarakat, serta menjadi contoh nyata bagi generasi muda Indonesia dalam memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. (Asd.)

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply