[ad_1]


Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim pijat kaki bisa menyembuhkan sesak napas adalah tidak benar. Penyebab sesak napas sangat beragam begitu pula dengan pengobatannya. Sebelum penyebab dasar sesak nafasnya diatasi, maka tidak bisa dihilangkan gejala sesaknya hanya dengan pijat saja.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/68d8C (arsip)

===========

[NARASI]:
“Sesak Nafas Akut Sembuh Total Hanya Menekan Titik Ini Secara Rutin”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Tempo.
Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook menjelaskan cara mengobati sesak napas dengan memijat titik refleksi pada kaki bagian atas dan bawah. Titik refleksi kaki bagian atas yang dipijat mengikuti pola huruf Y terbalik yang dimulai dari pangkal jari manis. Tekan kaki mengikuti pola tersebut dengan tekanan sedang atau kuat. Pemijatan dilakukan selama 3 menit pada kaki kiri dan kanan. Setelah itu pemijatan pada  titik refleksi paru-paru dan jantung di telapak kaki.

Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa pijat kaki bisa menyembuhkan sesak napas menahun adalah tidak benar. Dilansir dari Tempo, Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Paru, dr. Eva Sri Diana mengatakan sesak napas disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain gagal jantung, penyempitan saluran pernafasan seperti PPOK atau asma bronkial, TBC atau pneumonia, bronkiektasis, anemia, obesitas, gastritis (maag), gagal ginjal, asites dan lain sebagainya.

Sebelum diatasi penyebab dasarnya, maka gejala sesak tidak dapat dihilangkan hanya dengan pijat. Titik-titik syaraf di telapak kaki maupun tangan yang biasa diberikan treatment dalam pengobatan (pijat), akan membuat stimulasi saraf.

Dilansir dari website Siloam Hospital, terdapat beberapa hal penyebab sesak napas diantaranya obesitas, kebiasaan merokok, penyakit paru-paru (ISPA), pneumonia, asma dan lain sebagainya. Penting untuk mengidentifikasi penyebab sesak nafas terlebih sebelum mengatasinya agar pengobatan yang dilakukan jadi lebih tepat dan optimal.

Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan klaim pijat kaki bisa menyembuhkan sesak napas adalah tidak benar. Penyebab sesak napas sangat beragam begitu pula dengan pengobatannya. Sebelum penyebab dasar sesak nafasnya diatasi, maka tidak bisa dihilangkan gejala sesaknya hanya dengan pijat saja.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3044/keliru-klaim-pijat-kaki-bisa-sembuhkan-sesak-nafas-menahun
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/sesak-napas

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply