[ad_1]

Kwartir Cabang Banjarnegara diwakili Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Kamabigus) Mohammad Masduki Rahmat melantik 21 Pramuka Penggalang Garuda pada Rabu, 22 Agustus 2024.

Masduki yang merupakan Kamabigus SMP Negeri 1 Banjarnegara mengaku bangga dan selalu terharu dengan proses yang telah dilalui para peserta didik untuk menjadi Pramuka Garuda.

“Ini untuk yang kedua Pelantikan Pramuka Garuda dilaksanakan di tempat kami, yang pertama sungguh mengena di hati, yang kedua ternyata sama saja. Ini barangkali karna kami melihat sendiri mereka itu (Pramuka Penggalang) kalau sepulang sekolah masih harus latihan menyelesaikan persyaratan sampai sore hampir setiap hari. Melihat perjuangan mereka saya rasanya bangga, apalagi momen di saat mereka dipertemukan orang tuanya untuk meminta restu, itu membuat mata saya berkaca-kaca,”ujarnya.

Sementara itu Tim Pengembang Pramuka Garuda Kwartir Cabang Banjarnegara yang diwakili Eko Priyatno Kurniawan mengatakan terdapat 6 sekolah yang mengikuti uji dan pelantikan Pramuka Penggalang Garuda.

“Hari ini ada 6 sekolah yang mengikuti proses uji dan pelantikan Pramuka Penggalang Garuda, SMP Negeri 1 Banjarnegara 12 anak, MTs Negeri 1 Banjarnegara 5 anak, MTs Al Hidayah Twelagiri 1 anak, SMP Negeri 3 Wanayasa 1 anak, MTs Andalusia 1 anak, dan SMP Negeri 3 Pagedongan 1 anak,” terangnya.

Lebih lanjut Eko menjelaskan hadirnya orang tua peserta didik merupakan amanat Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda sesuai Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 038 Tahun 2017.

“Kalau di kami mengikuti SK Kwarnas, orang tua itu wajib hadir sebagai salah satu tim penguji. Hadirnya orang tua juga jadi kesempatan untuk meminta restu, doa dan mengucap janji dengan harapan mereka selalu menjadi anak yang berbakti,” tandasnya.

Pewarta : Rakhmat Nur Ilmi

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply