[ad_1]

Gugusdepan SDN 4 Purwanegara menggelar kegiatan Perkemahan Satu Hari (PERSARI) bagi anggota Pramuka golongan Siaga (22/08/24), bertempat di lapangan utama SDN 4 Purwanegara. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kader-kader siaga agar memiliki kecakapan hidup sejak dini seperti berfikir kritis, kreatif, mandiri, disiplin dan tanggungjawab serta terampil.

Dalam sambutannya, Karto selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan menyampaikan bahwa kegiatan PERSARI sebagai sarana membentuk karakter pesera didik dan memberikan pengalaman yang mengesankan.

“PERSARI sebagai sarana berlatih mengembangkan kemampuan diri untuk mengatasi tantangan yang dihadapi, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan,” jelas Karto.

Melalui aktivitas Kepramukaan yang dikemas dalam kegiatan yang mendidik dan menyenangkan seperti PERSARI, peserta didik diharapkan memiliki penampilan sikap yang berbeda dari teman yang lain.

“PERSARI merupakan salah satu alat pendidikan dalam Pramuka yang bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader Pramuka Siaga yang memiliki kemahiran dalam mempimpin kelompok, terampil dalam memecahkan masalah dan yang lebih penting menumbuhkan kemandirian,” ungkap Karto.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan memuat materi diantaranya; PBB, KIM, fun ball, hafalan doa harian dan berlatih mendirikan tenda.

“Semua materi berorientasi pada sikap peserta didik, menumbuhkan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dan membentuk rasa percaya diri” imbuhnya.

(Anjar Wahyu Adi)

Pewarta : SYAMSUL ALFALAH

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply