[ad_1]

Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ka Agus Nur Hadie melepas kontingen Kwarcab Banyumas untuk mengikuti Jambore Daerah dan Eagel Scout Award (ESA) atau Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Kwarda Jawa Tengah. Pelepasan dilaksanakan Senin siang 26 Agustus 2024 di Pendopo Si Panji Purwokerto.

Sekda yang juga Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Banyumas mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah terpilih dan akan berangkat sebagai perwakilan dari Kwarcab Banyumas dalam Jambore Daerah (Jamda) dan lomba Pramuka Garuda Berprestasi atau Eagle Scout Award (ESA) Tingkat Kwarda Jateng.

“Semoga adik-adik dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, untuk meningkatkan kualitas diri, mempererat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan dengan sesama anggota dan pembina, sekaligus dapat membawa nama baik, citra dan prestasi terbaik untuk Kabupaten Banyumas,” pesannya.

Menurut Sekda Agus, Pramuka melalui beragam kegiatannya, sangat penting untuk membangun karakter pemuda yang tangguh, kuat, taqwa dan berbudi pekerti luhur melalui implementasi nilai-nilai Pancasila, Trisatya dan Dasa Darma Pramuka. Dengan karakter seperti itu, diharapkan kaum muda Indonesia mempunyai pondasi yang kuat, sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh pengaruh dan tantangan perubahan zaman.

“Kegiatan Jambore Daerah ini adalah sebuah momentum bagi adik-adik untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang telah diasah selama ini, serta untuk menjalin persaudaraan, memperluas wawasan, serta menumbuhkan semangat kebersamaan dengan teman-teman anggota pramuka se-Jawa Tengah.

Kegiatan Jambore ini juga merupakan bentuk pembinaan fisik dan mental, agar keterampilan Pramuka kalian dapat meningkat,” tegasnya

Ka Agus juga berpesan peserta untuk menjaga nama baik dan citra pribadi serta citra Kabupaten Banyumas.

“Yakinlah apa yang adik-adik dapatkan nantinya tidak akan sia-sia. Karena selalu ada pelajaran yang dapat diambil dari segala perbuatan, jadi manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai sarana pembelajaran sekaligus untuk menambah pengalaman dan persahabatan,” pungkasnya.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas Wahyu Handoko melaporkan Banyumas akan mengirimkan 32 orang Pramuka Penggalang untuk mengikuti Jambore Daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2024 sampai 4 September 2024 di Pusat Kegiatan Kepramukaan Candra Birawa, Semarang. Mereka terbagi dalam 4 regu yaitu 2 regu putra dan 2 regu putri.

“Selain itu, Kwarcab Banyumas juga mengirimkan 2 orang Pramuka Penggalang, 2 orang Pramuka Penegak dan 1 orang Pramuka Pandega yang akan mengikuti Pemilihan Pramuka Garuda berprestasi atau Eagle Scout Award (ESA),” katanya.

Pada acara pelepasan ini ditandai dengan penggunaan jaket kontingen, serta penyerahan bendera pramuka kepada pemimpin kontingen.

 

Pewarta : Syamsul Alfalah Kwartir Cabang Banyumas

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply