[ad_1]

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya pemeriksaan kadar kolesterol perlu dilakukan dengan pengambilan darah agar kemudian diperiksa di laboratorium untuk mengetahui kadar lemak. Pemeriksaan kolesterol perlu mengetahui empat jenis lemak di dalam tubuh, yaitu kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), dan trigliserida. Selengkapnya pada bagian Penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3ThDHHN

Arsip video: https://bit.ly/4dqD86t

= = =

Narasi:

“Cara mudah dan simpel cek kadar kolesterol hanya dengan menggunakan jari tangan. Caranya genggam tangan kuat-kuat dan tahan selama 30 detik. Kemudian lihat ujung-ujung jari apakah berwarna merah? Jika berwarna sangat merah itu tandanya kolesterol kamu tinggi.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang menginformasi bahwa pemeriksaan kadar kolesterol tinggi atau tidak dengan menggenggam tangan secara kuat selama 30 menit, jika ujung jari terlihat merah maka tandanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Diketahui dari Alodokter.com, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Namun setelah ditelusuri faktanya pemeriksaan kolesterol perlu memperhitungkan empat jenis lemak dalam sampel darah yang diambil dalam tubuh. Dikutip dari situs resmi Siloam Hospitals, empat jenis lemak tersebut adalah kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), dan trigliserida.

Hasil pemeriksaan kolesterol LDL yang ideal berada pada kurang dari 130 mg/dL, sedangkan orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi apabila seseorang memiliki kadar LDL sebesar 190 mg/dL. Lemak kolesterol LDL ini dapat membuat penumpukan plak lemak pada pembulu darah arteri sehingga bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Selanjutnya pemeriksaan kolesterol HDL. Kolesterol ini adalah lemak baik yang dapat menghilangkan kadar lemak LDL sehingga dapat memecahkan penumpukan lemak pada arteri dan melancarkan aliran darah. Kadar kolesterol HDL yang ideal berada pada lebih dari 60 mg/dL, seseorang berisiko terkena penyakit jantung apabila memiliki kadar HDL dibawah 40 mg/dL.

Setelah mengetahui kedua kadar kolesterol tersebut, maka dilakukan pemeriksaan total untuk mengetahui kadar kolesterol secara keseluruhan. Masih dari laman resmi Siloam Hospital, seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi memiliki kadar kolesterol total lebih dari 240 mg/dL.

Kemudian ada juga pemeriksaan Trigliserida dalam darah, di mana seseorang yang memiliki kadar lemak Trigliserida lebih dari 150 mg/dL akan memiliki risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Berdasarkan penjelasan dari laman resmi Siloam Hospitals tersebut, maka dapat dipastikan pengecekan kadar kolesterol tidak bisa dilakukan dengan pergerakan jari saja. Perlu adanya pengambilan sampel darah yang nantinya akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium.

Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya juga sudah banyak membantah klaim mengenai pemeriksaan kesehatan atau teknik penyembuhan penyakit dengan cara simpel seperti melakukan gerakan jari. Masyarakat diharapkan tidak gampang percaya dengan klaim semacam ini yang beredar di internet.

Dengan demikian, pemeriksaan kadar kolesterol dengan menggenggam jari adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/pemeriksaan-kolesterol

https://www.alodokter.com/cek-kolesterol-manfaat-dan-prosedur-pelaksanaan-yang-perlu-anda-ketahui#:~:text=Pemeriksaan%20kolesterol%20dilakukan%20melalui%20pengambilan,hanya%20membutuhkan%20waktu%20beberapa%20menit.

= = =

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply