[ad_1]

SEMARANG – Mungkin terdengar asing bagi telinga kita tentang gelang ajaib peserta Jambore Daerah. Karena gelang ini masih terbilang cukup baru. Nyatanya gelang ini merupakan inovasi dari bidang Humas & Informatika Kwarda Jawa Tengah untuk mensupport kegiatan Jambore Daerah XVI dan Eagle Scout Awards tahun 2024. Gelang ini didapatkan ketika peserta sudah melakukan registrasi atau pendaftaran ulang. Lantas apa saja fungsi gelang ini?

Yang pertama tentunya gelang ini sebagai tanda pengenal baik peserta, pembina pendamping maupun pimpinan kontingen. Selain itu juga ketika peserta melakukan scan barcode maka akan muncul identitas peserta.

“Fungsi lain dari gelang peserta ini adalah bisa melihat jumlah kegiatan yang sudah diikuti oleh peserta. Kemudian juga bisa melihat jumlah fasilitas umum yang sudah dikunjungi. Serta bisa melihat jumlah kenalan yang baru yang didapat oleh peserta. Hal ini karena ketika mereka melakukan scan pada barcode dengan fitur tambah teman itu secara otomatis data teman yang didapat bertambah.” Ucap panitia bidang Humas, Kak Arvin Satya.

Terobosan semacam ini tentunya sebagai bukti bahwa Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah mencoba untuk menjadikan kegiatan Kepramukaan lebih menarik dengan adanya perkembangan teknologi.

Salah satu peserta dari Kwartir Cabang Demak, Sani Rihadatul Aisi mengungkapkan gelang Ini memudahkan untuk mencari teman baru.

“Saat mengaktifitasi gelang ini alhamdulilah lancar tidak ada kendala. Ini hal menarik dan saya baru pertama kali tahu tentang gelang ini. Bagus dan simple juga. Karena kan sebelum sebelumnya ketika ikut kemah harus bawa buku buat mencatat teman baru, tetapi sekarang tinggal scan saja sudah bisa keluar semua.” Ungkapnya.

Pada kegiatan Jamda dan ESA ini tentunya bukan hanya gelang yang didapat peserta sebagai tanda pengenal, akan tetapi peserta juga mendapatkan tanda pengenal lainnya berupa ID Card yang berbentuk kalung. (gn)

[ad_2]

Source link

Share.

Leave A Reply